Kamis, 12 Januari 2012

Pendaftaran Mahasiswa Baru TA 2011/2012

Tahapan pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 di Sulsel akan dimulai 1 Februari, dengan dibukanya pendaftaran mahasiswa baru melalui Jalur Undangan.

Pendaftaran akan berlangsung hingga 12 Maret dan dibuka bagi siswa yang berprestasi dan mengantongi surat rekomendasi dari sekolah asal.Kepala Humas Universitas Hasanuddin (Unhas) M Dahlan Abubakar menjelaskan, Jalur Undangan diperuntukkan bagi siswa SMA dan sederajat yang sedang duduk di kelas 12 dan akan mengikuti ujian nasional pada 2012.

“Mengacu pada jadwal SNMPTN tahun lalu, tahapan pendaftaran akan dimulai 1 Februari khusus untuk Jalur Undangan. Ini dikhususkan bagi siswa yang memiliki prestasi akademik,” ungkapnya kepada SINDO,kemarin.

Persentase penerimaan mahasiswa untuk jalur ini, yakni 100% bagi siswa dari kelas akselerasi dengan akreditasi A. Sementara untuk sekolah unggulan atau rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) disiapkan kuota 75% dari seluruh siswa berprestasi dan untuk kelas reguler masing-masing 50%, 25%,dan 10% dari siswa terbaik.

Sementara itu, dalam pertemuan yang membahas SNMPTN 2012 di Gedung Rektorat Unhas, kemarin, disepakati bahwa pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru akan ditangani bersama tiga PTN di Kota Makassar, yakni Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Makassar (UNM), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Sebelumnya pelaksanaan SNMPTN digelar masing-masing universitas.

Selain itu,dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa pencetakan soal ujian SNMPTN akan dilaksanakan di luar Makassar untuk menghindari adanya kebocoran soal. Wakil Rektor I Unhas Dadang Ahmad Suriamiharja mengaku, langkah itu dilakukan sebagai upaya mencegah praktik joki yang selalu ditengarai dan dihubungkan dengan kemungkinan adanya kebocoran soal.

“Selama ini jika ada joki tertangkap selalu dirangkaikan dengan isu soal bocor. Untuk mencegah terjadinya isu seperti ini, kami putuskan mencetak soal tidak di Makassar, ”katanya dalam rapat yang dihadiri Syahtir Mahmud dari UNM, Pembantu Rektor I UIN Ahmad Sewang, Kepala Biro Administrasi Akademik UIN, dan sejumlah pejabat dari tiga universitas.

Terkait jadwal pelaksanaan pendaftaran mahasiswa baru, Dadang mengaku, mengacu pada jadwal serupa pada SNMPTN 2011 lalu, diperkirakan jadwalnya tetap akan sama. Ujian nasional tingkat SMA akan digelar mulai 16 April. “Setelah UN digelar, pendaftaran mahasiswa baru bisa segera digelar.Namun, kami masih menunggu jadwal resmi Kementerian Pendidikan Na-sional dan Kebudayaan,”ujarnya.

Kepala Humas Unhas M Dahlan Abubakar menambahkan, jumlah pendaftar SNMPTN di tiga PTN di Makassar diperkirakan mencapai 40.000 orang. Khusus untuk Unhas, pada 2011 lalu, jumlah pendaftar mencapai 22.061 orang. Selain menerima mahasiswa baru melalui SNMPTN Jalur Undangan,PTN juga menerima melalui ujian tulis SNMPTN.

Namun,Kemendiknas menetapkan jumlah mahasiswa baru yang diterima melalui SNMPTN minimal 60% dan melalui jalur mandiri maksimal 40%.

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/459177/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar